Sabtu, 16 Januari 2016 ini Gereja Santo Yakobus Surabaya sungguh bersyukur mendapat kunjungan pastoral dari Uskup Surabaya, YM Vincentius Sutikno Wicaksono. Segenap Romo Paroki, DPP, BGKP, pengurus Wilayah, beserta pengurus kelompok kategorial, tampak menyambut dengan suka-cita rombongan Uskup Surabaya, dan dengan bersemangat mengikuti acara yang berlangsung mulai dari pk 16:30 hingga 21:30.

Dalam kunjungannya, Mgr Vincentius menyampaikan bahwa pada hakikatnya Gereja Katolik itu selalu membawa semangat solidaritas dan persekutuan. Semangat inilah yang hendaknya juga mendasari Arah Dasar Keuskupan di tahun 2016 ini yaitu Tahun Pendidikan Anak dan Komunikasi Sosial.

Kunjungan Pastoral Uskup Surabaya

Kunjungan Pastoral Uskup Surabaya, YM Vincentius Sutikno Wisaksono (kiri), RD. Harjanto Pratikno (tengah) dan RD Dhani Driantoro (kanan)

Semua orang dewasa dan khususnya orangtua, memiliki peran yang amat penying sebagai role model – sebagai panutan – sebagai contoh pembelajaran bagi anak-anak. Konsistensi dan semangat dalam mendampingi anak-anak di masa sekarang adalah tantangan yang perlu dijawab oleh kita semua. Juga dalam berjejaring, dengan maraknya media sosial, hendaknya disikapi dengan rendah hati dan bijaksana. Bukan untuk ikut-ikutan dan tanpa tahu tujuan, namun perlu dilihat kembali tujuannya untuk menyebar luaskan informasi dan kabar suka cita. Selain itu, semua elemen gereja diminta untuk mendidik dan menanamkan kejujuran kepada anak-anak.

Kunjungan-Pastoral-YM-Vincentius-Sutikno-Wisaksono07213

Pada kunjungan kali ini, Uskup Surabaya didampingi oleh RD. Harjanto Pratikno selaku Ekonom Keuskupan Surabaya dan RD Dhani Driantoro, Sekretaris Keuskupan Surabaya yang berkesempatan untuk memberikan wawasan pengembangan karya pelayanan Gereja untuk tahun 2016 ini.

Seiring dengan ARDAS Keuskupan Surabaya Tahun 2016 sebagai Tahun Anak dan Komunikasi Sosial serta Yubelium Kerahiman Allah, DPP Bidang III Paroki Santo Yakobus juga berkesempatan untuk memperkenalkan berbagai media komunikasi yang telah dimanfaatkan oleh Paroki Santo Yakobus dalam menyebarkan informasi maupun Katekese. Terhitung Tabloid Efata, Buletin, Blackberry Broadcast dan Facebook yang selama ini telah dimanfaatkan disampaikan oleh Romo Novi selaku Pastor Kepala Paroki. Salah satu bentuk media sosial yang juga telah dimanfaatkan dalam beberapa waktu terakhir adalah Instagram, yang saat ini telah mulai mendapatkan ratusan follower.

Kunjungan-Pastoral-YM-Vincentius-Sutikno-Wisaksono07134

Dalam kesempatan ini pula, Uskup berkenan untuk meresmikan peluncuran situs web Paroki Santo Yakobus dengan desain yang baru, menggantikan desain situs web lama yang telah beroperasi sejak tahun 2010. Tidak ketinggalan pula, di sela-sela ramah-tamah Uskup beserta rombongan diajak untuk meninjau inovasi terbaru dari Sie Komsos berupa Digital Media Signage, televisi yang berisi video informasi dan pengumuman yang untuk tahap pertama ini telah dipasang di 2 lokasi di area gerea.

Peluncuran Situs Web Paroki Santo Yakobus yang baru oleh YM Vincentius Sutikno Wisaksono

Peluncuran Situs Web Paroki Santo Yakobus yang baru oleh YM Vincentius Sutikno Wisaksono

Bapak Uskup menyaksikan tayangan video dari Vatican dan berbagai pengumuman yang ditampilkan dalam Digital Media Signage Paroki Santo Yakobus

Bapak Uskup menyaksikan tayangan video dari Vatican dan berbagai pengumuman yang ditampilkan dalam Digital Media Signage Paroki Santo Yakobus

Semoga, kunjungan pastoral ini menjadi semangat baru bagi kita semua dalam karya pelayanan pada umat dan untuk kemuliaan Tuhan.