SURABAYA, EFATA – Kabar gembira bagi umat Paroki Santo Yakobus Surabaya. Kapel Adorasi yang sempat ditutup sementara selama satu setengah tahun lebih ini telah dibuka kembali, Senin (6/12/2021).  Sehubungan dengan situasi pandemi yang sudah lebih kondusif, umat akhirnya bisa kembali melakukan  adorasi di Paroki Santo Yakobus Surabaya. 

Kapel Adorasi ini sempat ditutup mulai tanggal 18 Maret 2020, dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Hal ini merupakan upaya Gereja untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di gedung gereja, sehingga umat bisa dengan aman dan nyaman dalam menggunakan fasilitas lainnya di gereja. 

Pembukaan Kapel Adorasi ini ditandai dengan peletakan Sakramen Mahakudus setelah misa pagi/harian. Upacara tersebut dimulai pukul 06.00 WIB, oleh Romo Gunawan. Acara yang berlangsung selama 10 menit ini berjalan dengan baik dan lancar. 

Untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19 dan demi kenyamanan bersama, umat dihimbau untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dan peraturan Kapel Adorasi yang ada. Sebelum datang ke Kapel Adorasi, umat bisa mendaftar secara online melalui website booking misa. Sebelum masuk ke kapel, umat harus mencuci tangan dan/atau menggunakan hand sanitizer. Selama pandemi ini, fasilitas yang digunakan bersama seperti loker dan buku doa, untuk sementara ditiadakan. Selama di dalam kapel, umat harus tetap menggunakan double masker dan menjaga jarak. Terdapat 4 unit HEPA Filter di dalam Kapel Adorasi sehingga umat bisa dengan aman dan nyaman melakukan adorasi. Informasi lengkap mengenai tata cara melakukan adorasi bisa dilihat melalui akun Instagram resmi Paroki Santo Yakobus Surabaya.

(Monika Patricia, foto: Monika Patricia)